Saturday, September 3, 2011

Suporter Sejati

Kalian pasti udah tau apa yang dimaksud dengan suporter. Yap, suporter adalah orang yang selalu mendukung suatu hal *tergantung yang disuporteri apa. Hm, di sini aku akan ngebahas tentang suporter sejati khususnya dalam hal olahraga (baca: bola).

Kenapa bola? Karena topik ini lagi hangat-hangatnya. Buat pecinta bola Indonesia pasti udah pada tau, kalo semalem, tepatnya sampe dini hari tadi, ada pertandingan antara Indonesia melawan Iran dalam kualifikasi piala dunia. Fyi, Indonesia kalah 0-3 dari Iran. 3-0 men, bayangkan! Kalian tahu? Pada babak pertama skor masih kacamata. Dan entah kenapa bisa kebobolan 3-0 itu karna faktor kelelahan atau memang karna pertandingan beda kelas (Iran di atas jauh Indonesia).

Nah, biasa lah ya kalo kalah pada ngapain. Rakyat pada kecewa. Hm, kecewa itu boleh aja kawan, itu hal yang wajar. Yang nggak wajar itu kalo karena 'cuma' kalah tadi kita nggak ngesuporteri lagi. Apalagi malah mengejek dan mencemooh. Kecewa itu boleh, tapi nggak harus gitu caranya kaan. Come on guys, itu nggak bangeeeet...

Kalian harus tahu apa yang dimaksud dengan suporter sejati! Suporter sejati itu selalu ada setiap menang ataupun kalah!

Oke, mungkin ada di antara kalian yang hanya ngedukung suatu tim yang saat itu prestasinya lagi bagus atau menanjak. Itu belum bisa dikatakan sebagai suporter sejati. Apalagi kalo bukan suporter sejati, pasti malah bilang nggak akan ndukung lagi.

Come on, guys.. Ngesupport itu jangan setengah-setengah! Kalo kalian hanya mengharap prestasi atau kemenangan tim yang kalian dukung, maka kalian nggak akan pernah tau arti kebersamaan! Tim yang kalian puja nggak akan pernah benar-benar mengerti apa yang dimaksud suporter! Karena apa? Ketika tim yang kalian idolakan kalah, maka kalian akan tambah memberi motivasi buat tim nya (bagi suporter sejati). Dan juga apa? Jika tim kalian selalu menang, maka pemain-pemainnya akan selalu terbang tanpa memperhatikan jika suatu saat ia bisa jatuh ke bawah.. Dan ketika tim mereka kalah, ia akan tahu siapa saja yang benar-benar suporter sejati. Dengan begitu, ia mendapat semangat untuk memberikan kemampuan yang lebih baik lagi kepada suporternya itu.

Suporter sejati itu selalu mendukung apapun keadaannya. Jika tim yang kalian dukung kalah, kalian seharusnya tetap mendukungnya dan selalu memberi motivasi. Mereka itu orang-orang terpilih yang masuk skuad tersebut. Misalnya timnas Indonesia. Pemain-pemainnya itu adalah orang-orang yang telah terpilih mewakili kita! Bisa jadi kemampuannya di atas kita (jika kita mencemoohnya). Mereka telah berusaha yang terbaik untuk kita! Kita patut mengapresiasi. Lagian emang udah ada yang kalian berikan ke negara kalian? Apa udah ada? Terus, kalo belum.. Apa yang bisa kita berikan untuk negara kita, yang paling mudah? Yaitu hanya dengan kehadiran kita! Kehadiran kita yang selalu ada dan mendukung wakil-wakil terpilih untuk maju dalam keadaan apapun! Ya, hanya dengan kehadiran kita yang demikian..

Begini ya, mungkin ini juga efek kalo tim kita menang. Kalo timnas menang, apalagi dengan skor telak, maka kita biasanya langsung berekspetasi besar, semangat mendukung, dan sebagainya. Pemain timnas senang karna mereka didukung semaikn banyak orang. Tapi di sisi lain itu akan membuat beban bagi mereka, beban bahwa mereka HARUS tampil sesuai ekspetasi suporter (baca: menang). Seseorang dalam keadaan ada beban itu akan susah tampil maksimal, karna ia selalu memikirkan bahwa ia HARUS bisa.

Ibaratnya gini.. Coba deh bayangin seandainya kalian akan UN.. Dan kalian dituntut untuk mendapatkan nilai sempurna (baca: 10) untuk setiap mapel. Kalian pasti punya beban! Kecuali jika kalian bersikap masa bodoh terhadap harapan ortu kalian tersebut. Apa kalian bisa sempurna di semuanya? Kalian bisa di salah satu mapel, tapi nggak semuanya. Faktanya, belum pernah ada yang mendapat nilai sempurna untuk setiap mapel saat UN.

Nilai sempurna diibaratin menang. Dan yang nggak sempurna dianggap kalah atau seri. Maka, setiap tim pernah menang dan kalah. Dan faktanya, nggak ada tim yang selalu menang. Suatu saat pasti ia akan merasakan kekalahan.

Nah, itulah ironinya kita. Ketika timnas menanjak. kita sanjung-sanjung.. Tapi ketika kalah, kita malah mengabaikannya padahal justru saat itu mereka sedang butuh dukungan kita. Mereka lebih buh dukungan kita saat mereka down daripada saat mereka menang.

Kita juga seperti itu kan? Saat kita sedih dan down, kita pasti butuh dukungan dan motivasi. Bukan malah diabaikan. Nyesek kan? Nggak mau kan kayak gitu? Bayangkan kalian yang ada di posisi mereka (baca: pemain timnas) saat mereka kalah dan kalian dicemooh. Bayangkan! Kalian sudah berjuang demi mereka semua (rakyat) dan mereka tidak menghargaimu. Gimana rasanya? Nyesek kan?

Makanya, kita juga harus menghargai setiap tetes keringat mereka buat kita. Nggak ada tim tanpa suporter, dan juga nggak ada suporter kalo nggak ada tim. Mereka berjalan berdampingan dan saling melengkapi. You'll never walk alone!

Di akhir postingan ini, aku pengen ngasih sesuatu buat timnas dan mungkin ini satu-satunya yang bisa aku berikan ke mereka, selain dukungan. Yaitu, ucapan. For Indonesia Football Team, stay fearless, dear. You'll never Walk Alone. Always do the best! We are here for you! You'll Never Walk Alone! :)

No comments:

Post a Comment